Senin, 05 Desember 2016

PROPOSAL KERJA PROYEK
TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN





DI SUSUN OLEH
NAMA : ZULFI ARGA DEANSYAH
KELAS : XII TKJ 2


JURUSAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
SMK N 2 TELUK KUANTAN KABUPATEN
KUANTAN SINGINGI












KATA PENGANTAR



  Jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) adalah suatu jurusan yang terdapat di SMK/STM yang mempelajari seluk-beluk dunia komputer dan jaringan komputer, mulai dari cara instalasi SO (Sistem Operasi), menangani masalah pada PC, memperbaiki PC, membuat jaringan LAN atau yang lainnya, membuat WEB, dan masih banyak lagi.
   Sekarang ini jurusan TKJ merupakan jurusan yang sangat populer/banyak peminatnya, meskipun banyak sekali saingan dari jurusan TKJ yaitu jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak), jurusan Multimedia, dan lain-lain.
   Jurusan TKJ sangatlah mudah untuk dipelajari hanya modal kemauan untuk belajar dan belajar. Saya juga dulu tidak tahu apa itu TKJ, tapi setelah sekolah di jurusan ini saya jadi banyak tahu mengenai bagaimana memperbaiki PC, menginstalasi Jaringan LAN maupun yang lainnya.
   Dari segi peluang kerja setelah lulus sangat banyak peluangnya. Mulai dari menjadi teknisi komputer, teknisi jaringan, membuka toko komputer, atau bisa juga membuka warnet sendiri.
  Jadi intinya bagi kalian yang akan segera lulus dari SMP masuklah ke SMK N 2 TELUK KUANTAN dengan jurusan TKJ.











DAFTAR ISI

Halaman Judul………………………………………………………………………………i
Halaman Pengesahan………………………………………………………………………..ii
Halaman Penguji……………………………………………………………………………iii
Kata Pengantar………………………………………………………………………………iv
Daftar Isi……………………………………………………………………………………..v
Daftar Gambar………………………………………………………………………………..vi
Daftar Tabel…………………………………………………………………………………...vii
BAB I PENDAHULUAN
   1.1.Latar Belakang………………………………………………….1
   1.2.Permasalahan……………………………………………………1
   1.3.Tujuan……………………………………………………...1
   1.4.Sisitematika Penulisan……………………………………..1
BAB II LANDASAN TEORI
   2.1.Teknik Komputer…………………………………….1
   2.2.Jaringan…………………………………………….1
BAB III PERANCANGAN
   3.1 Analisis dan Perencanaan Jaringan Komputer
BAB IV PENUTUP
   4.1.Kesimpulan…………………………………….1
   4.2.Saran…………………………………………1












BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
    Jaringan komputer bukanlah sesuatu yang baru saat ini. Hampir di setiap perusahaan terdapat jaringan komputer untuk memperlancar arus informasi di dalam perusahaan tersebut. Internet yang mulai populer saat ini adalah suatu jaringan komputer raksasa yang merupakan jaringan komputer yang terhubung dan dapat saling berinteraksi. Hal ini dapat terjadi karena adanya perkembangan teknologi jaringan yang sangat pesat, sehingga dalam beberapa tahun saja jumlah pengguna jaringan komputer yang tergabung dalam Internet berlipat ganda. Sejak memasyarakatnya Internet dan dipasarkannya sistem operasi Windows95 oleh Microsoft, menghubungkan beberapa komputer baik komputer pribadi (PC) maupun server dengan sebuah jaringan dari jenis LAN (Local Area Network) sampai WAN (Wide Area Network) menjadi sebuah hal yang biasa. Demikian pula dengan konsep “downsizing” maupun “lightsizing” yang bertujuan menekan anggaran belanja khususnya peralatan komputer, maka sebuah jaringan merupakan satu hal yang sangat diperlukan








1.2  Permasalahan
1.          Dalam dunia komputer, segala sesuatu masalah yang berhubungan dengan komputer disebut Troubleshooting dan timbulnya masalah dalam komputer tentu ada sebabnya Pada kesempatan ini kita akan sedikit belajar untuk mendeteksi masalah pada komputer .
  
2.      Untuk permasalahan dengan Software sebaiknya Anda lakukan pendeteksian sederhana dahulu seperti pemeriksaan file-file yang berhubungan dengan Software atau spesifikasi permintaan (requirement) dari Software. Apabila permasalahannya cukup rumit, sebaiknya Anda install ulang saja Software tersebut, karena akan terlalu rumit untuk memperbaiki sebuah software.

3.      Teknik dalam Troubleshooting Terdapat dua macam teknik dalam mendeteksi permasalahan dalam komputer, yaitu teknik Forward dan teknik Backward. Untuk lebih mengenal kedua teknik tersebut, ada baiknya kita bahas terlebih dahulu definisi dari masing-masing teknik tersebut.





1.3  Tujuan
1.      Menguasai keterampilan dalam pengoperasian bidang Teknik Komputer Jaringan
2.       Menguasai keterampilan dalam penggunaan perangkat lunak Teknik Komputer Jaringan.
3.      Mampu mengembangkan bidang Teknik Komputer Jaringan yang relevan dengan tuntutan kebutuhan masyarakat.







1.4. Sistematika Penulisan
            Adapun sistematika penulisan Proposan ini antara lain:
Halaman Judul
Halaman Pengesahan
Halaman Penguji
Kata Pengantar
Daftar Isi
Daftar Gambar
Daftar Tabel
BAB I PENDAHULUAN
            1.1.Latar Belakang     
            1.2.Permasalahan       
            1.3.Tujuan      
            1.4.Sisitematika Penulisan
BAB II LANDASAN TEORI
            2.1.Teknik Komputer 
            2.2.Jaringan
BAB III PERANCANGAN
                        3.1 Analisis dan Perencanaan Jaringan Komputer
                       
            BAB IV PENUTUP
            5.1.Kesimpulan
            5.2.Saran




BAB II
LANDASAN TEORI


2.1. Sejalan dengan perkembangan komputer banyak para ahli mendefinisikan
pengertian komputer yang pada intinya semuanya hampir sama seperti di bawah ini:
1.                               Komputer adalah rangkaian pekerjaan elektronika yang bekerja sama dalam
melakukan rangkaian rangkaian pekerjaan secara otomatis melalui instruksi atau         programyang diberikan kepadanya.
2.                               Komputer sebagai suatu mesin elektronika bertujuan mengolah data yang
mampu menerima masukandan keluaran dalam melaksanakan pekerjaanArithmatic Logical Unit(calculating, selecting, moving, sorting, comparingUniversitasSumatera Utara dan lain–lain) dan mengendalikanControl Unit( peralatan mekanisme,pengolahan data dan lain–lain )
3.                             komputer merupakan mesin elektronik yang dapat melkukan serangkaian
perintah–perintah dari user dengan bahasa yang dimengerti oleh manusia
(bahasa tingkat tinggi) dan bahasa yang dimengerti oleh komputer (bahasamesin) dalam memproses data. Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengertian komputer adalah alat pengolah data yang terdiri dari hardware, software dan brainware yang saling berkaitan erat. Namun demikian harus disadari bahwa meskipun komputer dapat melakukan pengolahan data, komputer tetaplah benda mati yang bekerja atas dasar perintah atau instruksi yang diberikan oleh manusia melalui bahasa pemrograman.
Dalam pengolahan data tersebut harus menggunakan alat – alat untuk
mempercepat jalannya proses pengolahan data yang tentunya memerlukan suatu
prosedur pengolahan beserta orang– orang yang mampu melaksanakan pengolahan
data, mulai dari perekaman data, pengumpulan data, pemasukan data, perhitungan.      perhitungan sampai kepada pembuatan laporan atau informasi yang diinginkan. Hal – hal tersebut di dalam pengolahan data dan informasi merupakan suatu kesatuan yang saling berhubungan dan bekerjasama yang terdiri dari peralatan, tenaga pelaksana, prosedur data sehingga pengolahan ini merupakan sistem pengolahan data.





2.2. Ada 3 Macam Jenis Jaringan/Network :
A. Local Area Network (LAN) Jaringan Area Lokal. Sebuah LAN, adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relative kecil, umumnya dibatasi oleh area lingkungan seperti sebuah perkantoran di sebuah gedung, atau sebuah sekolah, dan biasanya tidak jauh dari sekitar 1 km persegi. Beberapa model konfigurasi LAN, satu komputer biasanya di jadikan sebuah file server. Yang mana digunakan untuk menyimpan perangkat lunak (software) yang mengatur aktifitas jaringan, ataupun sebagai perangkat lunak yang dapat digunakan oleh komputer- 3 komputer yang terhubung ke dalam network. Komputer-komputer yang terhubung ke dalam jaringan (network) itu biasanya disebut dengan workstation. Biasanya kemampuan workstation lebih di bawah dari file server dan mempunyai aplikasi lain di dalam harddisknya selain aplikasi untuk jaringan. Kebanyakan LAN menggunakan media kabel untuk menghubungkan antara satu komputer dengan komputer lainnya.



   B. Metropolitan Area Network (MAN) Jaringan area Metropolitan Sebuah MAN, biasanya meliputi area yang lebih besar dari LAN, misalnya antar wilayah dalam satu propinsi. Dalam hal ini jaringan menghubungkan beberapa buah jaringan-jaringan kecil ke dalam lingkungan area yang lebih besar, sebagai contoh yaitu : jaringan Bank dimana beberapa kantor cabang sebuah Bank di dalam sebuah kota besar dihubungkan antara satu dengan lainnya. Misalnya Bank BNI yang ada di seluruh wilayah Padang atau Surabaya.



   C. Wide Area Network (WAN) Jaringan area Skala Besar Wide Area Networks (WAN) adalah jaringan yang lingkupnya biasanya sudah menggunakan sarana Satelit ataupun kabel bawah laut sebagai contoh keseluruhan jaringan BANK BNI yang ada di Indonesia ataupun yang ada di Negara-negara lain. Menggunakan sarana WAN, Sebuah Bank yang ada di Bandung bisa menghubungi kantor cabangnya yang ada di Hongkong, hanya dalam beberapa menit. Biasanya WAN agak rumit dan sangat kompleks, menggunakan banyak sarana untuk menghubungkan antara LAN dan WAN ke dalam Komunikasi Global seperti Internet. Tapi bagaimanapun juga antara LAN, MAN dan WAN tidak banyak berbeda dalam beberapa hal, hanya lingkup areanya saja yang berbeda satu diantara yang lainnya.











BAB III
ANALISI DAN PERANCANGAN
2.3  Analisis dan Perencanaan Jaringan Komputer
Kegiatan yang dilakukan untuk mengkaji dan menelaah sebuah jaringan komputer,   dengan tujuan menyusun kembali perencanaan yang lebih baik agar tercipta jaringan komputer yang efektif dan efisien. 
Banyak hal yang perlu di perhatikan. ada 2 elemen dasar dalam membangun sebuah jaringan, yaitu:
 1.    Komponen Hardware
        Personal Computer (PC), Network Interface Card (NIC), Kabel dan topologi                                         jaringan. 
 2.    Komponen Software
        Sistem Operasi Jaringan, Network Adapter Driver, Protokol Jaringan.


 NIC Adapter
   NIC adalah perangkat yang paling penting dalam membangun jaringan . NIC adalah bagian paling umum dari komputer yang digunakan dalam rumah kita dan perkantoran. Nic juga biasa disebut dengan LAN Card, yaitu  Media komunikasi ( kabel )  yang melekat pada LAN Card untuk membangun suatu jaringan. Perangkat ini memiliki alamat Mac yang unik, Untuk membangun suatu jaringan dengan alamat IP yang unik tergantung pada LAN Card untuk komunikasinya .





                          Gambar 1: NIC (Network Interfaces Card)

Dalam contoh kasus jaringan WLAN, bukan LAN Card yang digunakan melainkan menggunakan Wireless Card. Fungsinya sama seperti LAN Card sederhana, itu hanya perangkat komunikasi nirkabel yang terhubung ke router untuk komunikasi.









  Router
Router adalah perangkat yang cerdas yang bisa memberikan rute data ke komputer tujuan. Ini sangat membantu dalam menghubungkan dua jaringan logic dan fisik yang berbeda bersama-sama. Dalam jaringan kecil server terhubung ke router bersama dengan client untuk berkomunikasi. Tanpa Router komunikasi antar jaringan tidak mungkin bisa, Router  adalah inti dari suatu jaringan, tanpa distribusi ini, internet dan jaringan data lainnya ke seluruh jaringan yang ada tidak mungkin bisa berkomunikasi.








         Gambar 2: Router


HUB
kalau berbicara tentang sebuah  jaringan dalam skala yang lebih besar, HUB diperlukan untuk membangun  sebuah jaringan. Semua komputer yang terhubung langsung ke HUB, yang dimana HUB sebagai pusat perangkat terpusat jaringan. Ketika data dikirim ke hub, HUB ini mengirimkankan data ke semua port dari hub dan kemudian dikirim ke komputer tujuan pada jaringan. Jika hub gagal untuk melakukan fungsi biasa   ( mengirimkankan data ke semua port ) HUB ini akan berhenti kerja seluruh jaringan sampai jaringan dalam kondisi normal.



https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiHckMqDfVef1SzTjFfih1OdCfMP9pps92wnz5dLct63akDHjch7Dkttrl_riHGtB3kUfQPZ1M3U8mJn7Qc9_QWptRulVsAecB8cFXUDbpkMWQHnIM-fYCGsHset09Quim8hOMRYRvxYSLh/s320/
                Gambar 3: HUB






 Switch
Switch adalah perangkat lain yang penting ketika kita berbicara tentang jaringan komputer di spectrum. Switch lebih luas digunakan di tempat yang sama sebagai pusat, yang membedakan switch dengan HUB adalah bahwa switch memiliki tabel switching yang telah build in di dalam perangkat kerasnya.




    https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiX4BVCodmRYAl8OwchLNr4imqAU88A4ckgcQLyy621RZZyVtoW2C4Kq25IU2qqW954tgl8WyFyT_JX4fV1D7SZ_W_QRyN3Mytj5iLsmCWNMx9eFNnrYB4EPP0vTj4jAGxe6IoV2P05zi0P/s1600/
  Gambar 4: SWITCH


Tabel Switching menyimpan alamat MAC dari setiap komputer yangterhubung ke switch dan mengirimkan data ke alamat yang diminta saja, tidak seperti hub yang mengirim data ke semua port. bentuk switch secara umum sama seperti HUB.


Kabel
Kabel-kabel sangat jelas digunakan untuk menghubungkan perangkat komunikasi satu sama lain untuk membentuk suatu jaringan. Ada berbagai jenis kabel, kabel yang umum digunakan adalah 10baseT/CAT5, kabel koaksial, Ethernet dan kabel serat optik.

 
   Gambar 5:Kabel Serat Optik






 Modem
Modem itu ada dua jenis. Satu modem yang umum digunakan pada setiap komputer yang biasa kita gunakan untuk koneksi ke internet menggunakan saluran telepon kita dengan panggilan untuk ke ISP dan yang lainnya digunakan untuk menghubungkan ke DSL.


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiWWeyEDD2DYKpOQftqIfXg_8ewgxqVMBxOUJnhOLz2EFo4uP9uUlPlUb_66BVcHcDwk2CZRLVVSLsaaOg3-42HoYMyQFVZrmLRVyhKjz653aNZVzykzo4Xz8sY3OwDreEuvjJTkQ6zvPLG/s1600/


 
     Gambar 6: Modem







BAB IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
  1. Jaringan komputer adalah fasilitas untuk mengakomodasi para pengguna komputer agar dapat saling berhubungan satu sama lain. Melalui jaringan, pengguna dapat saling bertukar file, pemakaian bersama (sharing resources) suatu perangkat keras, bahkan mengontrol komputer lain dari jarak jauh 
  2. Jaringan komputer (jaringan) adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi(peramban web). Tujuan dari jaringan komputer adalah Agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer. 
  3. Dua buah komputer yang masing-masing memiliki sebuah kartu jaringan, kemudian dihubungkan melalui kabel maupun nirkabel sebagai medium transmisi data, dan terdapat perangkat lunak sistem operasi jaringan akan membentuk sebuah jaringan komputer yang sederhana.: Apabila ingin membuat jaringan komputer yang lebih luas lagi jangkauannya, maka diperlukan peralatan tambahan seperti Hub, Bridge, Switch, Router, Gatewaysebagai peralatan interkoneksinya.


4.2 Saran
        Adapun saran-saran yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini adalah :
1.       Teknologi jaringan komputer sangat memudahkan kita dalam berbagai kegiatan, oleh karena
        Itu jangan kita salah menggunakan karena akan dapat merugikan pihak lain.
2.     Perbanyak kembali pengetahuan kita tentang komputer jaringan                                    





2 komentar:

  1. BAGUS GAN TERIMAKASIH INFONYA SEMOGA BANYAK HIKMAHNYAA... SALAM ANAK TEKAJE(tkj) KELAS TKJ2 PUNYAAAAA.....

    BalasHapus